Bukan Pemalu, Anak Jarang Bicara Bisa Jadi Gejala Gangguan Kecemasan

Jakarta, Pernahkah Anda memperhatikan perilaku berbeda anak ketika berada di rumah dan di luar rumah? Bisa saja dia aktif dan riang di rumah, namun tiba-tiba menjadi pendiam ketika bepergian dan bertemu orang baru.

Kemungkinan besar memang sifat anak tersebut pemalu, dan agak sulit memulai penbicaraan dengan orang lain. Namun jika terus-terusan seperti itu, orang tua harus waspada. Bisa jadi anak mengidap gangguan kecemasan sosial.

Dr Sonja March, pakar psikologi klinis dari University of Southern Queensland, Australia, mengatakan bahwa orang tua harus lebih peka terhadap kondisi sosial anak. Pasalnya jika hanya dianggap pemalu dan tak ditangani, gangguan kecemasan sosial bsia berujung pada gangguan jiwa lainnya.

"Sangat penting agar orang tua terlibat. Karena jika tak ditangani, anak yang kita anggap 'hanya' pemalu bisa berujung pada depresi, penyalahgunaan narkoba dan bahkan bunuh diri," tutur Sonja seperti dikutip Berita Indonesia dari ABC Australia, Rabu (16/7/2014).

dr Sonja merupakan salah satu penggagas program terapi online Brave. Brave adalah hasil kerjasama tiga universitas di Australia yang dikhususkan untuk membantu anak-anak dengan gangguan kecemasan sosial agar dapat menghilangkan atau minimal mengurangi kecemasan tersebut.

Veronica Ghee dan Sophie anaknya adalah salah satu pasangan ibu anak yang tertolong berkat adanya terapi online tersebut. Dikisahkan Veronica bahwa penjelasan dr Sonja sangat mirip dengan kondisi anaknya, dimana Sophie selalu nampak riang dan aktif namun tiba-tiba diam ketika berada di luar.

"Aku sudah mencoba berbagai macam bentuk terapi namun tidak ada yang cocok. Entah mereka terlalu berfokus kepada Sophie dan mengesampingkan kami atau keadaan yang sebaliknya," urai Veronica lagi.

Dijelaskan dr Sonja, inti dari terapi online adalah memberikan pengetahuan kepada orang tua tentang bagaimana seharusnya mereka menanggulangi masalah tersebut. Apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya serta kata-kata apa yang sebaiknya ditujukan kepada anak.

"Sesuai namanya, Brave menekankan keberanian pada orang tua untuk sabar serta mendorong anak dari belakang. Anak juga dilatih untuk lebih berani menghadapi orang asing, dengan dukungan dari orang tua," pungkas dr Sonja.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Bukan Pemalu, Anak Jarang Bicara Bisa Jadi Gejala Gangguan Kecemasan di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam