Kenali Masalah Kaki si Kecil: Telapak Datar dan Tungkai Panjang Sebelah

Jakarta, Telapak kaki yang ideal umumnya mempunyai cekungan di bagian dalamnya alias tidak datar. Pada bayi, kondisi kaki datar atau flat foot, memang cukup sulit dilihat. Sebab kaki bayi cenderung gemuk berdaging. Karena itu yang terbaik, perhatikan perkembangan kaki si kecil seiring perkembangan usianya.

Untuk diketahui, semua bayi memang dilahirkan dengan kaki datar tapi seiring bertambahnya usia akan muncul lengkungan di kaki. Umumnya anak yang memiliki kaki datar tidak cukup kuat untuk menopang posisi tulang telapak kaki yang dapat mempengaruhi cara berjalan atau lari.

Bagaimana mendeteksi kaki datar? "Tidak ada deteksi khusus, bandingkan saja dengan bentuk kaki yang normal secara umum. Observasi saja pada anak," kata dr Yoyos Dias Ismiarto, SpOT(K), staf Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RS Hasan Sadikin Bandung, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (27/2/2015).

Baca juga: Kaki X,O, Datar dan Jinjit pada Anak

Kaki datar akan membuat anak susah berjalan dan berlari. Namun demikian anak dengan kaki datar umumnya akan terbiasa dengan kondisi tersebut. "Sehingga dengan adaptasi ini, anak akan terbiasa dengan kondisi kaki datar tersebut," ucapnya.

Menurut dr Yoyos, telapak kaki datar tidak perlu diperbaiki jika anak tidak ada keluhan nyeri. "Karena kan lama-kelamaan anak beradaptasi. Salah kalau ada dokter yang menyarankan untuk segera operasi," terangnya.

Masalah kaki lainnya adalah tungkai yang panjang sebelah. Ini bisa terjadi karena genetika, bisa karena penyakit, dan bisa juga karena kecelakaan. Kecelakaan yang menimbulkan luka cukup berat pada kaki bisa memperlambat pertumbuhan kaki tersebut, sehingga tungkai bisa jadi panjang sebelah. Selain itu pertumbuhan tulang sejak lahir yang tidak normal juga bisa menyebabkan kaki anak panjang sebelah.

Baca juga: Lahir dengan Empat Kaki dan Tangan, Bayi Ini Bikin Heboh India

Jika kondisi ini dialami sejak lahir, maka cara mendeteksinya adalah dengan memerhatikan bagian pinggul bayi. Perhatikan adakah yang menonjol di panggulnya sehingga membuat kaki panjang sebelah.

Bagaimana cara mengoreksi tungkai kaki yang panjang sebelah? "Tergantung dari penyebabnya. Misal karena dislokasi panggul, perbaiki area panggulnya. Lakukan rekonstruksi mangkuk panggul. Kalau belum berhasil, maka harus dioperasi," jelas dr Yoyos.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kenali Masalah Kaki si Kecil: Telapak Datar dan Tungkai Panjang Sebelah di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam