Terkena Penyakit Langka Miasthenia Gravis, Bagaimana Penanganannya?

Jakarta, Seseorang yang terkena penyakit autoimun miasthenia gravis (MG) perlahan-lahan akan kehilangan kekuatan ototnya. Jika tak ditangani dengan tepat orang yang mengidap MG rentan alami krisis karena otot pernapasan bisa ikut melemah.

Gejala awal dari MG yang dapat terlihat umumnya muncul pada mata. Seseorang akan sulit membuka mata dan terlihat seperti mengantuk karena kelopak yang terus turun. dr Diatri Nari Lastri, SpS(K), dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan hal ini terjadi karena otot mata tak bisa dikendalikan sesuai keinginan.

Baca juga: Kenali MG, Penyakit Saraf Langka yang Sering Dikira Penyakit Mata

"Kalau kita mau bergerak kan ada zat zat kimia di saraf yang dilepaskan dan nanti ditangkap dengan reseptor yang ada di otot lalu kemudian berkontraksi. Karena penyakit MG reseptornya itu tidak bisa ditempati zat kimia tersebut. Sinyalnya tidak sampai," papar dr Diatri yang juga mengepalai Departemen Neurologi RSCM ketika dihubungi detikHealth pada Senin (16/3/2015).

dr Diatri mengatakan MG adalah penyakit langka sehingga biasanya jarang terdeteksi dini dan bahkan salah didiagnosa menjadi penyakit mata. Padahal pasien MG harusnya mendapat penanganan sejak gejala masih ringan sebelum bertambah parah.

"Penyakitnya sih enggak bisa sembuh. Paling kambuh-kambuhan tapi kan ada obatnya, mestinon. Tapi pada keadaan yang krisis ada terapi neurologi misal terapi plasmaferesis atau terapi lain," ujar dr Diatri.

Karena MG tak bisa sembuh maka obat harus terus dikonsumsi dan apabila sampai krisis maka pasien akan diberikan terapi neurologi dengan bantuan alat pernapasan. Lamanya dari proses terapi tak bisa dipastikan karena tergantung dari kondisi klinis pasien.

"Kalau sudah berat gitu sudah ada program dan tidak bisa dipastikan, tergantung evaluasinya. Dilihat mempan enggak nanti dicoba mesin dilepas sebentar dan dilihat responsnya," tutup dr Diatri.

Baca juga: Penyebab Penyakit Autoimun Mulai Terungkap
Terima kasih telah membaca artikel tentang Terkena Penyakit Langka Miasthenia Gravis, Bagaimana Penanganannya? di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam