Asal Diberikan Secara Bijak, Pujian Efektif Tingkatkan Motivasi Anak

Jakarta, Beberapa orang tua gemar membombardir anak dengan pujian. Mungkin niatnya baik, yakni agar anak merasa senang sekaligus juga untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tapi sebaiknya pujian diberikan secara bijak. Karena jika kalimat pujian begitu diumbar dirasa kurang efektif meningkatkan motivasi anak.

"Pujian harus tepat diberikan, dan tidak seperti sesuatu yang diumbar setiap saat, karena akan menurunkan motivasi anak. Ini arena saat tidak berperilaku baik selalu mendapat pujian," kata psikolog pendidikan, Rahma Hastuti, dalam perbincanga dengan detikHealth dan ditulis pada Senin (23/2/2015).

"Dengan kata lain bijak dalam memberikan pujian. Tentunya pujian yang relevan atau sesuai dengan perilaku baik yang ditampilkan anak," imbuh Rahma.

Baca juga: Tak Pernah Dipuji Saat Kecil, Anak Bisa Jadi Narsis Saat Dewasa

Selain bijak dalam memberikan pujian, motivasi anak bisa didongkrak jika orang tua memberikan contoh yang baik. Maklum, anak adalah peniru yang baik. Karena yang mewarnai kehidupan anak adalah orang tuanya serta orang terdekat di dalam lingkungan anak.

"Contoh tentunya yang berupa perilaku konkret. Ketika mengharapkan anak melakukan sesuatu dengan baik, orang tua seharusnya juga telah memberikan contoh perilaku nyata yang dapat dilakukan anak, tentunya sesuai dengan tahapan perkembangan dan tingkat pemahamannya," tutur Rahma.

Tak cuma di rumah, di sekolah juga perlu diterapkan hal-hal yang bisa mendorong anak untuk lebih termotivasi, misalnya dalam meningkatkan kedisiplinan untuk tidak menunda-nunda mengerjakan tugas. Caranya, guru harus tegas menetapkan aturan yang dikomunikasikan di kelas kepada siswa. Sehingga siswa dapat memahami adanya konsekuensi yang menyertai perilaku.

"Menumbuhkan kesadaran dengan komunikasi efektif antara orang tua dengan anak, guru dengan siswa, agar anak mendapat insight dan muncul awareness bahwa perilaku menunda adalah cerminan perilaku buruk," ucap Rahma.

Baca juga: Ingat, Anak Cerdas Itu Bukan yang Harus Bisa Baca di Usia Balita
Sesuatu tugas yang awalnya dirasa berat maka bisa jadi membuat anak terpaksa dalam mengerjakan tugas tersebyt. Namun ketika yang bersangkutan mampu menyadari dampak atau manfaat positif dari melakukan tugas tersebut pada akhirnya mereka merasa menjadi bisa karena biasa.

"Terjadi perubahan pola pikir karena tumbuhnya kesadaran dan kemampuan menginternalisasi nilai positif dari yang sudah mampu dilakukannya," kata Rahma.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Asal Diberikan Secara Bijak, Pujian Efektif Tingkatkan Motivasi Anak di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam