Orang Tua Tak 'Ember', Anak pun Bisa Lebih Percaya dan Terbuka

Jakarta, Orang tua umumnya menjadi tempat bagi anak untuk mencurahkan permasalahan dan isi hatinya. Namun, bagaimana jika pada sang bunda, anak meminta hal yang ia katakan hanya untuk diketahui ia dan ibunya saja, dengan kata lain menjadi rahasia?

"Kalau ada tanda anak minta supaya mamanya ini nggak ngebocorin, nggak ember istilahnya, ya rahasia itu harus dijaga. Kalau dijaga, anak bisa lebih percaya dan lebih mau lagi bercerita pada kita," tutur psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi, MSi di sela-sela '15 Menit SariWangi Cerita baru' di Blue Jasmine Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2015).

Dengan menjaga rahasia anak dan meningkatkan kepercayaan dia pada orang tua, dikatakan wanita yang akrab disapa Nina ini komunikasi yang terjalin antara anak dan orang tua makin berkualitas. Nina menambahkan, boleh saja merahasiakan cerita dengan anak atau anggota keluarga lain karena adanya rahasia itu bisa mendekatkan beberapa anggota keluarga.

Baca juga: Asal Diberikan Secara Bijak, Pujian Efektif Tingkatkan Motivasi Anak

Namun, Nina menegaskan hal-hal yang bersifat rahasia tersebut harus dipastikan aman. Misalnya jika anak kehilangan uang atau tidak sengaja memecahkan piring, hal itu dianggap 'aman' menjadi rahasia. Lalu, bagaimana jika 'rahasia' yang disampaikan anak tidak aman?

"Jika rahasia besar atau misal kondisi yang bahaya buat anak, misalkan anak mengaku mau bunuh diri, itu kan gawat. Ya kita sampaikan pada anak terus terang bahwa kita tidak bisa menyimpan ini sendiri karena akan bahaya dan berpengaruh ke masa depan anak," terang Nina.

Selain itu yakinkan jika dengan adanya andil orang lain, misalnya ayah, masalah tersebut justru bisa lebih mudah diatasi dan berguna bagi anak. Tapi, tegas Nina, saat akan menceritakan rahasia ini pada pihak lain mintalah dulu izin kepada anak.

"Jangan diam-diam sudah kasih tau ke orang, itu bisa merusak kepercayaan anak. Kita kasih tahu dari awal kalau perlu mengatakan rahasia ini, itu akan meningkatkan rasa percaya dia dan yakinkan bahwa hal itu tetap bisa jadi rahasia di keluarga inti saja. Dengan begitu anak bukannya takut terbuka pada orang tua, justru dia bisa lebih percaya lagi," kata Nina.

Baca juga: 'Ikatan' Orang Tua dan Bayi Pengaruhi Kesehatan Mentalnya Anak
Terima kasih telah membaca artikel tentang Orang Tua Tak 'Ember', Anak pun Bisa Lebih Percaya dan Terbuka di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam