Sakit Akibat Serangan Sistem Imun Tubuh Sendiri

Jakarta, Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seharusnya melindungi tubuh dari zat berbahaya dari virus, bakteri, racun, dan lainnya. Tapi bila sistem imun mengalami gangguan, justru akan menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.

Gangguan ini disebut gangguan atau penyakit autoimun. Gangguan autoimun adalah suatu kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan sehat.

Normalnya, pasukan sistem kekebalan tubuh sel darah putih membantu melindungi tubuh terhadap zat berbahaya, yang disebut antigen. Contoh antigen termasuk bakteri, virus, racun, sel-sel kanker dan darah atau jaringan dari orang atau spesies lain. Sistem kekebalan tubuh akan membuat antibodi yang menghancurkan zat-zat berbahaya.

Tapi pada pasien dengan gangguan autoimun, sistem kekebalan tidak bisa membedakan antara jaringan tubuh yang sehat dan antigen.

Hasilnya adalah resposn imun yang merusak jaringan tubuh normal. Ini adalah reaksi hipersensitivitas mirip dengan respon di alergi.

Pada alergi, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat eksternal yang biasanya akan diabaikan. Tapi pada gangguan autoimun, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap jaringan tubuh normal. Yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan antara jaringan normal dan antigen tidak diketahui.

Satu teori menyebutkan bahwa beberapa mikro-organisme (termasuk bakteri) dan obat-obatan dapat memicu beberapa perubahan, terutama pada orang yang memiliki gen yang membuat mereka lebih rentan terhadap gangguan autoimun.
Next Page 2
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sakit Akibat Serangan Sistem Imun Tubuh Sendiri di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam