'EXODUS': Musik EXO dalam Formasi Baru yang Masih Bikin 'Overdose'

Jakarta -
Ada kesan eksperimental yang kental dalam lagu-lagu EXO ketika mendengarkan album pertama mereka 'XOXO: KISS & HUG' yang dirilis tahun 2013 silam. Seolah-olah manajemen masih mencari-cari identitas musik dari grup yang debut di tahun 2012 itu. Saat mendengarkan lagu 'Wolf' pertama kali misalnya, mungkin banyak dari kalian yang berpikir keras tentang melodi lagunya.

Kesan eksperimental itu hampir tidak terasa lagi dalam lagu-lagu yang dimasukkan SM Entertainment ke album kedua mereka yang diberi tajuk 'EXODUS'--yang dirilis dalam dua versi bahasa yakni Korea dan Mandarin. Dirilis pada 31 Maret lalu, ada perubahan image dan konsep yang sangat terasa di album yang berisi 10 lagu baru hasil ciptaan komposer-komposer andalan SM dari Korea maupun luar Korea itu.

Didominasi oleh lagu-lagu bertempio cepat, 'EXODUS' berisi berbagai macam genre. Namun tetap berkiblat pada musik Pop. EXO membuka perjalanan kita di album yang sekaligus menjadi pengukuhan formasi baru EXO dari 12 ke 10 member ini dengan lagu andalan 'Call Me Baby'.

Teddy Riley yang sukses dengan 'The Boys' milik SNSD didapuk untuk menulis lagu bersemangat ini. Sang komposer berhasil membawa EXO keluar dari image misterius dan gelap yang seolah sudah lekat dengan mereka sejak membawakan 'Wolf' dan juga 'Overdose'.

Di track kedua kita disambut dengan hip-hop 'nanggung' berjudul 'Transformer' yang menjadi lagu kemenangan untuk para rapper. Lagu ini memberikan kesempatan untuk member yang nge-rap seperti Sehun menyanyi lebih banyak. Mengingat selama ini ia adalah member dengan part menyanyi paling sedikit di EXO.

Baca Juga: 2 Hari Dirilis, Album 'EXODUS' EXO Terjual 500 Ribu Kopi


Dua lagu pembuka yang bertempo tinggi kemudian dinetralkan lewat lagu bertempo medium berjudul 'What If' yang ada di track keempat. Emosi para EXO-L kemudian dibolak-balik oleh Suho, Baekhyun dan D.O (versi Mandarin dinyanyikan oleh Lay, Chen dan D.O) yang menampilkan lagu balada galau berjudul 'My Answer' yang disepanjang lagunya hanya diiringi oleh dentingan piano tanpa instrumen musik lain. Satu-satunya lagu dengan instrumen tunggal yang pernah dinyanyikan EXO sejak debutnya dengan album 'MAMA'.  Next Page 2
Terima kasih telah membaca artikel tentang 'EXODUS': Musik EXO dalam Formasi Baru yang Masih Bikin 'Overdose' di blog 77 Nets Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar 77 Nets

1. Berkomentar dengan Topik yang sedang dibahas diatas
2. Berkomentar sesuai dengan etika bahasa Indonesia
3. Dilarang menjual barang dagangan dikomentar kami
4. Komentar paling lama kami jawab 1x24 Jam